K E D E N G K I A N

Allah SWT berfirman, ” Ataukah mereka dengki kepada manusia. lantaran karunia yang Allah berikan kepadanya?

(QS. an-Nisa’: 54)

Kedengkian adalah sepereti ulat-ulat rakus yang mengeroposkan tulang, atau penyakit menahun yang menyebarkan kerusakan ke seluruh tubuh. orang-orang mengatakan, “Seorang pendengki tidak akan merasa tenang, sebab dia adalah orang zalim yang berbaju orang yang teraniyaya, musuh yang berjubah dengan jubah teman.” Orang-orang mengatakan juga, “Betapa adilnya kedengkian karena dia membunuh pemiliknya terlebih dahulu.”

Aku melarang keras diriku dan diri Anda dari kedengkian, karena jika kita melakukannya, saat mendengki itu tak lain kita sedang menginfus kegelisahan bagi daging kita sendiri, menyuntikkan keresahan ke dalam darah kita sindiri, dan membagi-bagikan tidur mata kita kepada orang lain.

Orang yang dengki menyalakan perapian yang sangat panas, lalu masuk ke dalamnya. Kesuraman, keburaman, dan kegelisahan yang nyata adalah penyakit yang ditimbulkan oleh kedengkian, yang menghabiskan ketenangan dan kehidupan yang baik dan indah.

Bencana akan datang kepada si pendengki karena dia telah memusuhi ketetapan Allah dan mencurigai keadilan-Nya, tidak menghormati syari’at-Nya, dan bahkan menentang pemilik-Nya.

Orang yang didera penyakit dengki takkan diganjar dengan upah dan pahala. Bahkan, ia selalu merasa terbakar selama maksudnya tak kesampaian.

siapapun dapat diajak berdamai, kecuali pendengki. Jika Anda berdamai dengannya, berarti Anda harus menanggalkan nikmat-nikmat Allah, melepaskan bakat, menghapuskan keistimewaan dan keutamaan yang ada pada diri Anda. Jika Anda bersedia melakukan hal itu, boleh jadi mau tidak mau si pendengki itu akan puas.

Semoga Allah melindungi kita dari kejahatan orang yang dengki saat dia mendengki, sebab pada saat itu dia seperti ular hitam berbisa yang takkan tenang sampai menyemburkan bisanya ke tubuh orang yang tak bersalah.

Aku melarang keras Anda dari mendengki, dan sangat menganjurkan Anda untuk selalu meminta perlindungan kepada Allah dari orang-orang yang pendengki agar Dia selalu menyelamatkan Anda dari kejahatan-kejahatan mereka.

By: Dr. ‘Aid ‘Abdullah al-Qarni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s