Dakwah, oto kampanye ini namanya?

Malam ini bukan malam seperti biasanya. malam ini kurasakan semangat baru…
kemarin, kuberanikan diri mengungkapkan apa-apa yang kupikirkan dan kutemui dalam jalan dakwah(dulu sich, aku merasa jalan dakwah, sekarang kurasakan perbedaannya. ternyata itu semua jalan jama’ah… sebuah jama’ah dakwah). ber beda bukan???

Semua melihat, semuanya mendengarkan, semuanya berfikir… hingga saudara sendiri pun dipanggil dengan panggilan seseorang yang asing. “anda” dia memanggilku “anda” setelah kulontarkan beberapa fakta yang menurutnya menghina jama’ahnya, menghina partainya… aku merasa penyimpangannya dalam memahami dan mengamalkan anjuran untuk mencintai saudaranya, seakan-akan telah mendoktrin pikirannya untuk hanya mencintai saudaranya sesama warna bendera… hanya serendah dan senista itu, ganti sebuah persaudaraan senasab… hanya dengan sebuah pertanyaan simple, dia marah-marah…hmmm…. aku bertanya “sebenarnya kita ini yang mana? partai dakwah, ato dakwah partai?”….

Mukanya langsung merah, menyala sich katanya saudara yang melihatnya juga…wha..wha..haha..haha… senengnya hatiku saat aku menanyakannya. logikanya adalah, kenapa musti marah, kalo itu nggak bener, kan tinggal mengatakan kalo itu keliru… dan membuktikan kalo partainya adalah partai dakwah, dan bukan dakwah partai… entah kenapa, aku bisa membedakan 2 hal ini. karena ada sebagian orang yang ternyata nggak mendakwahkan islam. malah mendakwahkan partai tertentu, ato bahasa demokrasinya dalah kampanye. apakah pengajian berikutnya aku akan tanya “apakah dakwah sama dengan kampanye?”. wuiihh,… mungkin gak merah lagi mukanya, tapi hitam, tertutupi awan gelap kebencian.

Kan kalo gitu lantas, seseorang dapat mengklaim dirinya berdakwah, padahal kampanye…. dakwah mengajarkan al-qur’an dan assunnah… lha, kampanye mengajarkan cara menyoblos…wha..ha..wha…haha.. eh, ada lagi katanya… katanya gini, “makanya ngaji, biar bisa merasakan nikmatnya hidup di jalan dakwah..”. lho? ternyata kenikmatan berdakwah itu diukur dari ngaji to?padahal ngaji yang dimaksudkannya adalah liqo’at jama’ah… bukankah dia seharusnya mengatakan : makanya liqo’ biar bisa tambah intima’ pada jama’ah… sampai mati..ti..ti.. sampai merasa bahwa jama’ahnya yang paling benar, dan yang lain salah… lha wong malah kemarin dia mengatakan, “saya tau dengan pemikiran anda!!saya sudah banyak berinteraksi dengan banyak mahasiswa seperti anda. pokonya, ciri ciri salafy itu, kalo dikasih tau mesti ngotot”. Whaha..ha..ha… ini apa lagi toh… paling yang di baca orang ini adalah kitab-kitab tentang kepribadian manusia.. sehingga syubhatnya, dia jadi suka memfonis orang.. katanya da’i.. koq lebih mirip hakim menurutku sich??? bener gak???

Sampek aku mengatakan dengan mata tajam kuarahkan ke matanya yang sempit memandang sesama muslim itu, dengan kulampirkan kata-kata pedas, yang akan membuatnya mengingatku selamanya “jangan memecah belah ummat ini dengan saling menghina kekurangan jama’ah lain donk”. wuih, aku gak akan menarik ucapanku, aku sekarang bisa mengatasi ketakutanku untuk beradu fisik, jika perlu…ini masalah persatuan ummat ISLAM… setelah itu dia mengagitasi keluarga lain untuk mempercayai ucapannya dengan mengatakan “wong yang lain ini bisa nyambung dengan ucapanku, koq kamu thok yang nggak nyambung. ini yang aneh siapa?”. dia ngomong gitu sambil merasa pede dengan apa yang dikatakan// whuhuhu… sekali lagi, dia terlihat bodoh di mataku.. wong yang lain “ndlahom” koq… andai dia melihat ekspresi yang lain saat mau mengatakannya… terus muncullah bantuan selanjutnya dari saudaranya yang lain yang juga terhasut…semuanya adalah fiksi, gak nyata, semuanya hanya lamunanku.. kalo ada yang nggak sependapat, yo ben.. aku nggak mau tau… atasi sendiri masalahmu…aku tak mengatasi masalahku… ini namanya nafsak..nafsak

Malang, sepuluh menit lagi, jam 2 malam. ini adalah malam tahun baru 2009.. dan catatanku belumlah usai sampai di sini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s