TAQWIM DA’AWI -Penilaian dan Promosi Kader Dalam Da’wah bag 1-

Seorang da’i murabbi terkadang sebagian dai¬ membutuhkan proses taqwim dakwah (evaluasi dakwah) secara berkesinambungan terhadap beberapa individu atau semuanya di dalalam dan di luar barisan, dalam rangka komitmen Islam secara umum, atau hingga di luar batasan-batasan tersebut.

Adakalanya proses taqwim ini berupa jarh (menilai sisi kelemahan) atau ta’dil (menilai sisi kebaikan), bahkan terkadang mencakup keduanya, sebagaimana terkadang disampaikan secara garis besar atau secara rinci. Begitu juga, proses taqwim terkadang dilakukan da’i seputar orang yang berkedudukan lebih rendah atau sederajat, dan terkadang dilakukan oleh kelompok secara lengkap, dan adakalanya dilakukan oleh satu individu.

Proses taqwim dengan dua bentuknya, meskipun merupakan aktivitas pembinaan dan manajemen, namun terkadang dilakukan oleh para da’i pada umumnya dalam beberapa kasus. Disamping itu, proses taqwim terkadang dilakukan karena tuntutan amal dan faktor yang mendukungnya. Adakalanya juga dilakukan dalam bentuk yang tidak benar, karena dilatarbelakangi oleh ‘kebanggaan pemikiran’ (taraf fikri), atau kesenangan menggunjing orang, atau ekstrimisme pandangan (ghuluw nazhari) karena merasakan nikmat kegiatan intelektual yang menyertainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s